Photobucket

Joomla


Joomla adalah sebuah content management system yang banyak digunakan untuk membuat website ( karena memang cuma bisa untuk buat website ).
Beberapa fitur-fitur Joomla adalah page caching, RSS feeds, blog, poll, search, dan masih banyak lagi. Selain itu Joomla juga open source dan berbasiskan PHP yang notabene juga open source. Jadi sekarang kalau mau buat website tidak perlu susah-susah lagi karena memang sudah ada enginenya sendiri.
Pada awalnya para developer Joomla adalah para developer Mambo ( sebuah CMS juga ). Tapi karena satu dan banyak halnya akhirnya para developer-developer tersebut keluar dari project Mambo dan membuat CMS yang baru yang bernama Joomla. Beberapa CMS lain selain Joomla adalah Drupal dan Mambo.

 
Untuk pengguna dari Joomla ini mungkin sudah dapat dikatakan banyak sekali. Website-website pemerintah pun sudah banyak yang menggunakan Joomla. Contohnya adalah http://www.menkokesra.go.id/ , http://www.sulsel.go.id/, http://www.indonesia.go.id/ . Seperti kita ketahui bersama, biasanya kalau website pemerintah itu harganya bisa sampai puluhan juta rupiah sampai ratusan juta rupiah. Kerjanya sedikit pendapatannya banyak ( wah jadi curhat ). Kapan ya dapat project seperti itu ( lah curhat lagi ).
Yah intinya sekarang tidak perlu susah-susah design website lagi, buat backend sendiri, buat module sendiri ( Joomla sudah menyediakan hampir semua module / plugin yang kita butuhkan untuk membuat website ). Bahkan website ini juga dibuat dengan menggunakan Joomla dan tentu saja menggunakan template ( karena pada dasarnya saya tidak jago design ). 


0 komentar:

Posting Komentar